Atasi anak susah makan,ini dia tips jitu agar anak mau makan dengan lahap - Kajian Islam

Friday, January 18, 2019

Atasi anak susah makan,ini dia tips jitu agar anak mau makan dengan lahap



Mengatasi anak susah makan bukanlah hal baru untuk para orang tua.Ketika anak mulai menginjak usia 1 tahun,mereka akan mulai mengenal rasa dan cenderung akan memilih-milih makanan.



Saat anak  berusia 1 tahun ,pertumbuhannya akan sedikit melambat dibanding sebelumnya.

Menghadapi anak susah makan sering membuat para orang tua sampai hilang kesabaran.Berbagai tipe anak susah makan seperti ketika disuapi makanannya diemut, dimuntahkan/disembur atau bahkan mereka akan tutup mulut ketika kita sudah mulai mengarahkan sendok ke mulutnya,hal-hal seperti inilah yang terkadang membuat kita hilang kesabaran untuk menyuapinya.

Orang tua tidak perlu cemas berlebihan ketika anak kurang nafsu makan,selama tahapan tumbuh kembangnya berjalan dengan baik anak masih tetap dikatakan normal.Orang tua harus tetap bersabar menghadapi anak yang susah makan,walaupun ini bukan hal yang mudah.

Berusaha boleh,tapi jangan pernah memaksa anak untuk menyantap apa yang telah kita sajikan,ini justru  memberi dampak buruk bagi anak-anak mereka akan merasa trauma.Tak bisa dipungkiri juga,pada saat seperti ini mungkin banyak orang tua yang khawatir jika anaknya kekurangan nutrisi dan gizi.

Daripada terus menerus terjebak dalam rasa khawatir yang berkepanjangan ,lebih baik anda mencari tahu penyebab anak susah makan.

Beberapa penyebab anak susah makan:
1.Sakit atau dalam proses tumbuh gigi
2.Anak belum benar-benar merasa lapar
3.Terjadi masalah pada sistem pencernaannya
4.Bosan dengan menu makanan yang itu-itu saja

Jika anda sudah mengetahui penyebab anak susah makan,dan mungkin beberapa penyebab diatas  dialami oleh anak anda maka anda harus mengetahui tips jitu untuk memperbaiki nafsu makan anak.

Dan inilah beberapa tips jitu yang wajib anda coba:
1.Beri dia vitamin atau suplemen makanan
2.Jangan pernah berikan susu atau makanan ringan sebelum jam makan.Makanan atau                            minuman manis akan membuatnya cepat merasa kenyang.           
3.Karbohidrat tidak melulu ada pada nasi,anda bisa beralih ke makanan lain yang juga mengandung

   karbohidrat seperti ubi,singkong,atau kentang.
4.Olesi nasi hangat yang telah anda sajikan dengan mentega,ini akan sedikit membangkitkan selera        makan anak karena rasa gurih yang dihasilkan oleh mentega pada nasi yang ia makan.
5.Ketika anak mengemut makanannya mungkin dia malas untuk mengunyah,maka yang perlu anda        lakukan adalah melembutkan sedikit tekstur makanan yang anda sajikan,yang terpenting asupan
   nutrisi dan gizinya tetap terpenuhi.
6.Buatlah menu yang bervariasi agar anak tidak bosan
7.Jika anak masih susah makan,bawalah anak ke dokter bisa jadi anak anda mengalami masalah pada
  sistem pencernaannya.

Nah itu dia beberapa tips jitu yang wajib anda coba untuk mengembalikan nafsu makan anak.Semoga  bermanfaat.
  




No comments: