5 Cara sederhana menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit - Kajian Islam

Tuesday, April 4, 2017

5 Cara sederhana menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit


Kesehatan adalah sesuatu yang sangat mahal dalam hidup kita, karena dengan tubuh yang sehat kita bisa melakukan hal apapun yang kita inginkan tanpa ada batasan.
kesehatan tubuh memang sangat penting maka dari itu selalu jaga kondis kebugaran tubuh anda agar tidak mudah terserang penyakit yang akhirnya akan menghambat rutinitas anda sehari hari.

Di bawah ini ada beberapa tips sederhana agar tubuh kita tidak mudah teserang penyakit:  


1. Jaga konsumsi makanan

 Penyakit seringkali timbul dan tumbuh dari keteledoran orang tersebut, banyak orang yang mengabaikan asupan makanan kedalam tubuhnya.
Apakah makanan tersebut higienis atau tidak... dengan mudahnya orang tanpa memperhatikan terlebih dahulu kondisi makanan tersebut langsung di masukan kedalam tubuh.

Karena banyak sekali jajanan-jajanan para pedagang pinggiran yang menjual aneka makanan yang mengoda selera tanpa asal-usul cara pembuatan dan bahan yang jelas, dengan bentuk dan  warna yang begitu mempesona dan membuat ngiler mulut.
tanpa fikir panjang lagi makanan tersebut langsung kita beli dan di masukan kedalam perut.
 
Akhirnya karena kecerobohannya terhadap makanan bisa minumbulkan berbagai macam penyakit seperti: Diare,tifus,kanker,alergi, dll.

sebaiknya agar terhindar dari semua itu, selalu memperthatikan lebih teliti lagi apa yang kita masukan kedalam perut agar tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Konsumsilah sayur dan buah-buahan setiap hari, karena selain menyegarkan tubuh. mengonsumsi sayur dan buah-buahan bisa juga mencegah beberapa penyakit seperti berikut:

- Jantung
- Diabetes
 Dan tentunya masih banyak lagi manfaat yang di dapat dari konsumsi sayur dan buah-buahan seperti:
Menyehatkaan kulit, pencernaan, dan mata bagi yang sering bengkuang,pepaya,apel dan wortel.

Masih banyak lagi manfaat yang di dapat dari mengkomsumsi sayur dan buah buahan.
karena orang yang sering mengkonsumsi sayur dan buah-buahan tidak akan mudah terserang flu yang biasanya di timbulkan oleh lingkungan udara yang kotor, perubahan musim dll.

2- Biasakan olahraga setiap hari  

Olahraga untuk menyehatkan tubuh tidak perlu yang mahal-mahal seperti pergi ke tempat gym yang ada di mall-mall dan tempat lainnya.

Cukup dengan membiasakan diri berjalan kaki di setiap pagi hari itu akan jauh lebih menyehatkan dengan udaran pagi yang masih sangat sejuk dan minim polusi kendaraan.
Lakukan itu setiap hari sebelum anda berangkat bekerja secara rutin, pasti tubuh anda tidak akan mudah terserang penyakit flu dll.

3- Tidur yang cukup 

Berapa jam sih waktu yang cukup buat tubuh untuk istirahat?
Jawabannya adalah 8 jam adalah waktu yang cukup untuk tubuh istirahat.

Dengan istirahat yang cukup di malam hari, ini akan membuat fress dan segar bugar kembali tubuh kita setelah seharian penuh tubuh kita di pakai untuk beragam rutinitas di siang hari.
Bebagai macam penelitian, orang yang tidur malam kurang dari 6 jam setiap hari akan sangat mudah terserang penyakit flu di banding dengan orang yang tidur 7-8 jam setiap malam.

4 - Konsumsi vitamin C

Cukupilah kebutuhan vitamin C dalam tubuh agar tidak mudah terserang penyakit musiman ( flu)
Mengkonsumsi vitamin C tidak selalu harus beli ke apotik karena tuhan sudah menyediakannya untuk kita di alam ini.

Dan buah-buahan yang mengandung banyak vitamin C sangat mudah kita temukan karena mereka tumbuh dan ada di sekeliling kita.
Berikut di bawah ini beberapa buah yang banyak mengandung vitamin C:

- Jeruk
- Jambu Biji
- Pepaya
-Mangga
-Kelengkeng
-Apel
-Stroberi
-Nanas
-Kiwi
-Tomat
-Markisa
-melon
-Anggur
-Pear
-Alpukat
-Sawo
-Semangka

5- Jaga kebersihan

Kebersihan memang sangat penting dalam hidup kita, karena dengan tubuh yang bersih terdapat jiwa yang sehat.
Dan kebersihan berperan penting dalam menentukan sehat atau tidaknya orang tersebut. karena biasanya orang yang sering mengabaikan kebersihan akan berpeluang besar terserang berbagai macam penyakit.

Maka dari itu jika kita ingin tidak mudah terserang penyakit harus selalu memperhatikan dan menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan.

-Cuci tangan sebelum makan
-Sering-sering potong kuku
-Rajin mandi setiap hari
-Sikat gigi min 2 kali sehari
-Sapu dan pel halaman rumah dan lantai
-Rutin menguras bak mandi dan tutup dengan rapat air-air di ember yang sekiranya dapat di hinggapi nyamuk.


Jika anda dan keluarga selalu disiplin menerapkan kebersihan setiap hari, pasti penyakit akan jauh dari anda dan keluarga.

Selalu jaga kesehatan karena sehat adalah sesuatu yang sangat mahal dalam hidup, lebih baik kita mencegah dari pada mengobati.

No comments: