6 waktu paling mustajab untuk memanjatkan do'a segala hajat - Kajian Islam

Thursday, February 14, 2019

6 waktu paling mustajab untuk memanjatkan do'a segala hajat



Berdo'a adalah memanjatkan sebuah keinginan kepada Allah SWT atau mengadukan segala keluh kesah kehidupan kepada sang pencipta.


Dengan berdo'a kita dapat mengutarakan apa yang kita inginkan dan apa yang sedang kita rasakan saat ini.Hanya kepada-Nyalah kita memohon karena Allah maha mengabulkan do'a setiap hambanya.

Seseorang akan dikatakan sombong jika dalam hidupnya dia tidak pernah berdo'a.Berdo'a merupakan ibadah yang paling agung dan ketaatan yang paling tinggi.

Syaikul Islam taimiyah rahimahullah pernah berkata,"Sesungguhnya berdo'a (kepada Allah)adalah kunci (pembuka)segala kebaikan.

Allah azza wajallapun pernah berfirman:"Berdo'alah kepadaKu,niscaya ku perkenankan bagimu.Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari beribadah kepadaKu(berdo'a kepadaKu) akan masuk neraka jahanam dalam keadaan hina dina(Al Mumin/Ghafir/40/60).

Perlu kita ketahui bahwa salah satu golongan yang paling dicintai Allah adalah orang-orang yang selalu berdo'a memohon kepadaNya.

Kapanpun kita dapat melakukan ibadah ini,tapi ada waktu-waktu tertentu yang dipercaya mustajab untuk memanjatkan do'a.

Waktu-waktu mustajab itu ialah:

1.Pada saat sepertiga malam
2.Pada hari jum'at
3.Pada saat hujan turun
4.Saat antara adzan dan iqamah
5.Sebelum salam pada rakaat terakhir dalam shalat
6.Pada saat sujud terakhir sebelum tahiyat akhir

Itulah keenam waktu yang dianggap mustajab untuk memanjatkan do'a.Berdo'alah dengan penuh harap dan kerendahan hati niscaya Allah akan mengabulkan do'a kita.

Pada hakekatnya Allah itu sangat dekat dengan kita ,jangan pernah berburuk sangka kepadaNya jika do'a kita belum diijabah olehNya,bisa jadi kita belum istiqomah dalam
berdo'a.

No comments: