Cara tepat menentukan bisnis untuk hari tua - Kajian Islam

Saturday, April 29, 2017

Cara tepat menentukan bisnis untuk hari tua




Selain mengumpulkan amal perbuatan baik untuk bekal akhirat, persiapan dana untuk menyambut kedatangan hari tua pun perlu kita persiapkan dari sekarang.

Karena kebanyakan orang menjalani hari tuanya tanpa ada dampingan dari anak-anaknya yang sudah berumah tangga dan memiliki hidupnya masing-masing.
Orang tua biasanya tinggal berdua di rumah bersama suami/istri, karena sang anak tidak lagi tinggal serumah dengan mereka.


Penting bagi kita mempersiapkan bekal untuk hari tua agar saat menjalani hari-hari senja tidak merepotkan anak-anak kita yang sudah berumah tangga.

Apa saja yang harus kita persiapkan untuk bekal hari tua, di bawah ini kami persipakan artikelnya untuk anda:  


1. Rajin menabung  

Jauhi gaya hidup boros yang tidak ada gunanya, mulailah rajin menabung dari sekarang agar nanti pas anda pensiun dari kerjaan sambil menjalani hari-hari tua anda sudah memiliki perbekalan dana yang cukup untuk kebutuhan sehari hari bersama suami/istri.

2. Investasi 

Kalau kebetulan saat ini anda memiliki banyak uang, jangan dulu berbangga diri dengan gaya hidup yang mewan dan glamor.
Ingat, roda hidup akan terus berputar dan anda tidak akan selamanya muda dan perbekalan harus sudah anda persiapkan dari sekarang.

Mulailah berinvestasi dari berbagai macam bidang seperti:

-Properti
-Bikin kontrakan/kos-kosan
-Buka warung toserba

Dan tentunya masih banyak lagi bentuk investasi lainnya untuk menjenjang anda di hari tua nanti.

3.Menyewakan kendaraan umum

Sekali lagi bila saat ini memang anda mampu , tidak ada salahnya anda sekarang mulai membuka bisnis sewa kendaraan umum untuk perbekalan hari tua.
Jenis bisnis ini hampir sama dengan bisnis menyewakan kontrakan/kos-kosan, cukup duduk santai di rumah uang dengan sendirinya datang menghampiri anda.

4. Asuransikan diri anda

Saat usia mulai senja tubuhpun tidak sekuat dulu lagi dan bahkan mudah sekali terserang penyakit.
Akhirnya makin tua bukannya tambah irit dalam pengeluaran uang tapi malah sebaliknya, karena harus wara-wiri keluar masuk rumah sakit.

Maka dari itu asuransikan diri anda sekarang juga, jangan merasa tidak butuh dengan asuranri karena badan anda masih sehat saat ini.
Nanti pada saat usia anda sudah senja dan sering sakit-sakitan pasti akan merasakan manfaat dari asuransi.

Yang pastinya dengan mengasuransikan diri anda secara tidak langsung anda tidak akan tergantung dan tidak akan membebani anak-anak yang sudah pada berumah tangga untuk membiayai perawatan anda di rumah sakit.

Tapi itu ko persiapan hari tua untuk orang - orang yang banyak uang saja, bagaimana dong dengan persiapan hari tua untuk orang-orang yang hidupnya sederhana...

Berikut kami berikan tipsnya:    

- Gemar menabung

Tidak harus menunggu kaya baru bisa menabung, justru mulailah kekayaan dengan cara menabung.
Menabung tidak harus dengan uang jutaan layaknya orang-orang kaya, tapi menabunglah semampu dan sekuatnya kita saja sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit.

- Mulailah atur hidup sehat

Jika anda merasa biaya perawatan orang sakit mahal, maka cegahlah dari sekarang agar penyakit-penyakit yang biasa di idap para orang lanjut usia tidak menghampiri anda.
Aturlah cara hidup sehat anda dengan rajin berolahraga setiap hari, tidak sembarangan makanan di masukan kedalam tubuh.
Pokonya atur pola makan seimbang mungkin,perbanyak makan sayur dan buah-buahan agar tubuh anda tetap sehat dan penyakit jauh dari hidup anda.

-Buka usaha rumahan

Aktivitas orang tua akan banyak di lakukan di dalam rumah, karena untuk berjalan dan bepergian yang jauh-jauh tubuh usia lanjut tidak akan sanggup lagi.
Maka dari itu biar tidak jenuh menjalani hari-hari tua di dalam rumah, lakukanlah beberapa aktivitas seperti buka usaha rumahan misalnya:
-Bikin usaha kerajinan
-Kue kering/basah
-Makanan ringan
-Bikin buku/ebook
-dll.

Persiapkan dari sekarang agar nanti pada saatnya nanti masa tua datang kita kebingungan lagi harus berbuat apa..
Dan jangan sampai masa tua kita nanti merepotkan anak-anak kita, walaupun itu adalah sesuatu yang wajar sebagai balas budi anak kepada orang tuanya.
Tapi kalau bisa tetap biarkan anak-anak hidup bebas dengan rumah tangganya tanpa terbebani masalah dari orang tuanya.

Karena itulah sebenarnya ciri orang tua yang sukses lahir batin dalam membesarkan anak-anaknya.
Terkecuali dalam keadaan tertentu yang membuat orang tua tidak bisa melakukan aktivitas apa-apa lagi, tentunya seorang anak wajib mengurusi orang tuannya sebagaimana orangtua merawatnya dulu sewaktu masih kecil.   

No comments: