Awas makan coklat setelah mie jadi racun mematikan, Benarkah? - Kajian Islam

Wednesday, June 27, 2018

Awas makan coklat setelah mie jadi racun mematikan, Benarkah?



 Broadcast soal bahaya memakan cokelat usai mengonsumsi mi masih banyak beredar.



 Belum lagi, bahasa yang digunakan saat menyampaikan informasi tersebut dibuat dengan bahasa yang terlihat sangat 'ilmiah' dan meyakinkan. Pesan pun semakin mencemaskan karena seorang wanita diklaim menjadi korban dari hal itu.

"MIE itu mengandung 'Arsenic Pentoxide' (As2O5) & berhubung habis makan MIE wanita itu makan COKLat. Terjadilah "Reaksi Kimia" di dalam perut yang membuat 'Arsenic Pentoxide' (As2O5) berubah menjadi Arsenic Trioxide (As2O3) yang sangat beracun," seperti itu cuplikan dari pesan berantai tersebut. Seperti apa sih faktanya?

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pada Kamis, (21/6/2018), telah membeberkan bahwa informasi yang beredar tersebut adalah hoax. Kemenkes pun mengimbau untuk berhenti membagikan pesan tersebut kepada orang lain.



Beberapa waktu lalu, ahli gizi, Leona Victoria Djajadi, MND, menjelaskan hal ini..

"Bukannya tidak mungkin ada kontaminasi arsenik atau keracunan. Tapi yang tidak mungkin adalah produsen mi yang sudah lolos sertifikasi BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan -red), dengan sengaja memakai arsenik sebagai bahan bakunya. Jadi ini super duper hoax," jelas lulusan University of Sydney tersebut saat dimintai tanggapan.

Victoria berpesan supaya masyarakat tidak mudah percaya dengan info yang beredar di media sosial. Pesan yang menggunakan penulisan bahasa-bahasa kimia seperti disebutkan di atas juga tidak bisa menjadi kuncian bahwa informasi tersebut benar adanya.

"Biasanya biar bikin tambah keren dipakai bahasa-bahasa kimia, ditulis semua," kata Victoria.

Kesimpulan

Informasi tersebut tidak benar adanya. Karena itu, berhenti menyebarkan informasi ini ya

No comments: