Menjijikan makan tanpa berdoa terlebih dahulu ternyata syetan ikut menyantap hidangan kita - Kajian Islam

Friday, August 31, 2018

Menjijikan makan tanpa berdoa terlebih dahulu ternyata syetan ikut menyantap hidangan kita


Assalamualaikum wr wb

Segala sesuatu yang di awali dan diniatkan karena Allah swt, insyaallah harta kita, makanan kita akan Allah swt berkahi.  
Seperti halnya ketika kita hendak makan dan minum biasakanlah berdoa berlebih dahulu agar makanan dan minuman yang masuk kedalam tubuh kita tidak menjadi penyakit.

Seberapa lapar dan hausnya kita jangan sekali-kali melupakan Allah swt, dialah sang pemberi rezeki, berdoalah terlebih dahulu sebelum makanan dan minuman kita masukan kedalam mulut.  
Makan dan minumlah secara perlahan dan perbanyaklah bersyukur kepada Allah swt yang sudah memberikan banyak nikmat kepada kita.
 
Rasulullah saw sudah mencontohkan seperti apa tatacara makan dan minum yang baik, seperti di katakan dari Ibnu Shabh, dan dari Al Mustsanni Bin Abdurrahman Al -Huza,i.

Suatu ketika Rasulullah saw sedang duduk dan ada salah seorang sahabat beliau yang sedang menyantap makanan dengan lahapnya, tapi sahabat Nabi tidak membaca doa terlebih dahulu sebelum makan.

Tiba-tiba saat melihat sahabatnya makan dengan lahapnya raut wajah Rasulullah saw nampak mengerut seperti ada sesuatu yang beliau lihat, sehingga nampak beberapa sahabat yang saat itu duduk di samping beliau keheranan.

Namun saat makanan sahabat nya tinggal sedikit, tiba-tiba raut wajah beliau berseri-seri dan tersenyum, sahabat yang duduk di samping beliau semakin keheranan dan bertanya-tanya, ada apa ya Rasulullah? tanya seorang sahabat.

Lalu rasulullah saw menjelaskan, pada saat salah seorang sahabat makan dengan lahapnya, tapi dia lupa berdoa terlebih dahulu maka beliau melihat syetan ikut pula menyantap hidangan makanan sahabatnya tersebut.
Tapi pada saat makanan sahabatnya tinggal sesuap lagi dan sahabat tersebut tersadar bahwa dia belum membaca doa sebelum makan, lalu sahabat beliau berdoa..

" Bissmillahi fi awwalihhi wa fi akhiri"

Maka Rasulullah saw melihat syetan muntah dan keluar semua makanan yang di santapnya.

Syetan adalah mahluk terkutuk dan sangat jorok, maka berdoalah terlebih dahulu sebelum menyantap makanan dan minuman, agar makanan dan minuman yang masuk kedalam tubuh kita menjadi sesuatu yang di berkahi dan diridhoi Allah swt.

Begitu pula dengan makanan dan minuman yang kita taruh dimeja dan tempat-tempat lain, tutuplah makanan dan  tersebut  walaupun hanya dengan sebatang ranting pohon dengan mengucap Bismillah terlebih dahulu.  maka makanan dan minuman tersebut akan Allah swt lindungi dari syetan yang menjijikan.

Tapi alangkah baiknya jika makanan dan minuman tersebut di tutup dengan penutup makanan yang rapat, karena bila makanan dan minuman tersebut hanya ditutup denegan sebatang ranting pohon atau pensil dan juga lainnya,di khawatirkan malah mahluk kasat matalah yang akan menyantapnya seperti, kucing,tikus dan cicak.

Biasakanlah menyantap makanan dan minum menggunakan adab  yang sudah di ajarkan Rasulullah saw.

1. Makan dan minum yang halal

Wajib hukumnya makanan atau minuman yang masuk kedalam tubuh kita adalah makanan dan minuman yang halal agar sesuatu yang masuk kedalam tubuh kita tidak tumbuh menjadi gumpalan daging dari sesuatu yang haram dan dosa.

Kalau makanan dan minuman yang kita masukan kedalam tubuh dari sesuatu yang haram, Allah swt tidak akan ridho tubuh manusia ciptaannya di masukan sesuatu yang tidak baik, makan makanan dan minuman itu ketika sudah berada didalam tubuh akan tumbuh menjadi penyakit yang akan terus menggerogoti tubuhnya.

2. Bersihkan tangan terlebih dulu

Sebelum menyantap makanan cucilah tangan menggunakan sabun dan bilaslah menggunakan air yang mengalir.
Kebersihan sebagian dari iman, siapa yang merasa dirinya beriman kepada Allah swt, hendaklah ia selalu menjaga kebersihannya.

Mencuci tangan sebelum makan adalah sesuatu yang sangat penting, karena kita tidak tahu bakteri apa yang menempel ditangan dan kuku kita yang akhirnya nanti bisa menjadi penyakit.

3. Baca doa sebelum makan 

Selain bentuk rasa syukur kita kepada Allah swt atas semua nikmat yang diberikannya kepada kita, berdoa sebelum makan akan membuat syetan tidak akan bisa ikut menyantap hidangan makanan kita.

4. Makanlah menggunakan tangan kanan

Raulullah saw menyuruh umatnya untuk makan dan minum menggunakan tangan kanan agar prilaku kita tidak seperti syetan yang makan dan minumnya menggunakan tangan kiri.

Selain itu Rasulullah saw menyuruh kita makan dan minum duduk dan tidak tergesa-gesa seperti binatang dan syetan.

5. Makan jangan berlebihan

Allah swt tidak menyukai terhadap sesuatu yang berlebihan, makan dan minumlah secukupnya dan jangan berlebih-lebihan seperti firman Allah swt dalam surah Al A'araf : 31.

"Makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan, sesungguhnya Allah swt tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan".

Selain itu makan yang berlebihan akan membuat perut kita sakit dan terbuangnya makanan.
Jika memiliki banyak makanan, sebaiknya berbagilah dengan orang lain, maka itu jauh lebih baik dan berpahala.  

Kesimpulan:

Islam agama sempurna yang mengatur semua asfek kehidupan manusia dengan sangat baik termasuk urusan makan dan minum.
Berdoa sebelum makan dan minum adalah bentuk rasa syukur kita kepada Allah swt atas semua rezeki-rezeki yang sudah diberikan kepada kita sekaligus memohon perlindungan dari ganguan syetan.

Allah swt sangat menyukai hambanya yang selalu ingat kepadanya dalam segala hal sehingga Allah swt akan melimpahkan rahmat dan rezeki kepada hambanya yang selalu bersyukur.
  

   

No comments: