6 Cara terbaik dan aman atasi kram kaki pada wanita hamil muda dan tua - Kajian Islam

Thursday, August 15, 2019

6 Cara terbaik dan aman atasi kram kaki pada wanita hamil muda dan tua



Kaki kram sering kali di alami oleh wanita yang sedang hamil, dan kebanyakan wanita mengalaminya kaki kram di trimester ketiga.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa hampir setengah dari semua wanita hamil sering menderita kejang otot terutama di kaki mereka saat hamil. Wanita-wanita ini juga melaporkan bahwa kram menjadi lebih sering pada malam hari.


Salah satu penyebab utamanya adalah kelebihan berat badan yang dialami wanita selama periode ini. Kaki menjadi tumpuan utama semua berat ini yang akhirnya membuat otot kaki kejang. Selain itu, perubahan sirkulasi tubuh juga menyebabkan masalah ini. Alasan umum lainnya termasuk tekanan dari bayi yang sedang tumbuh yang ditempatkan di saraf dan pembuluh darah yang berjalan ke kaki. Rahim yang tumbuh juga menambah tekanan pada vena di kaki. Hormon kehamilan dan kekurangan nutrisi adalah beberapa alasan lainnya.

Di bawah ini 7 tips terbaik atasi kram kaki saat hamil muda dan tua: 

1. Mandi air hangat

Mandilah menggunakan air hangat ini akan membuat Anda rileks dan mengurangi tingkat stres. Pada saat yang sama, mandi ini juga akan meredakan ketegangan  otot Anda.

2. Menggunkan ES batu

Bungkus beberapa es batu yang diambil langsung dari lemari es lalu oleskan pada daerah yang kram. Anda juga dapat menggunakan kompres es dan mengaplikasikannya pada otot yang sempit.


3. Pijat dan Regangkan

Memijat betis Anda dengan lembut akan membantu. Minta pasangan Anda atau seorang profesional untuk memberi Anda pijatan yang menenangkan. Melenturkan kaki Anda juga akan memberi kelegaan. Angkat jari-jari kaki ke atas dan dorong tumit keluar. Berdiri di lantai yang keras dan angkat jari untuk meregangkan otot betis yang akan meredakan kram. Pastikan Anda memegang sesuatu untuk keseimbangan.

4. Perbanyak minum air putih

Pastikan Anda minum banyak air putih agar tubuh anda tida dehidrasi. Penelitian telah mengungkapkan bahwa kekurangan natrium menyebabkan kontraksi otot yang serius.

5. Kompres dengan air atau handuk hangat

Kompre dengan air hangat atau handuk hangat bagian-bagian otot kaki yang kram.
Cara ini cukup efektif atasi kram kaki pada ibu hamil muda dan tua.

6. Berlatih Yoga

Pose yoga tertentu dapat meringankan kaki kram selama masa kehamilan. Cobalah pose rotasi pinggul pada trimester kedua. Pose jongkok berdiri yang dimodifikasi juga membantu. Ini dimaksudkan untuk memperkuat otot dan tubuh bagian bawah. 

Untuk keamanan, pastikan anda di dampingi oleh pasangan atau pelatih yoga profesional. 

No comments: