Cara ampuh mengatasi permasalahan yang tidak ada jalan keluarnya - Kajian Islam

Monday, May 1, 2017

Cara ampuh mengatasi permasalahan yang tidak ada jalan keluarnya




Pernahkah anda mengalami saat-saat tersulit dimana anda tidak dapat menemukan solusi dari permasalahan yang di hadapi anda.
Semua jalan solusi yang anda lakukan menemui jalan kebuntuan, sampai-sampai anda bingung harus berbuat apa..

Atau saat ini ada yang sedang mengalami masa-masa sulit seperti itu dan tidak tau harus berbuat apa lagi agar bisa keluar dari persolaan yang sedang di hadapi.

Setiap orang pasti akan mengalami problem, tapi tentunya setiap individu akan berbeda permasalahan yang di hadapinya dan cara menanganinya.
Tapi yang pastinya  kita harus percaya semua permasalahan pasti ada solusinya dan sekecil apapun peluang jalan keluar dari permasalahan tersebut harus semakisimal mungkin kita manfaatkan, jangan mengeluh dan putus asa.

Di bawah kami coba berikan tips cara keluar dari permasalahan yang menemukan jalan kebuntuan:

 1. Jangan menyerah

Kita harus yakinkan kedalam diri bahwa setiap permasalahan pasti ada jalan keluarnya, jangan menyerah pada permasalahan karena itu bukanlah solusi.
Menyerah tidak akan menyelesaikan masalah, malah sebaliknya anda akan semakin di perbudak dan di kuasai oleh  permasalahan tersebut.

Tetap fikirkan dengan tenang jalan keluar dari permasalahan yang sedang anda hadapi, kalau anda menemukan celah sedikit saja jalan keluar dari permasalahan tersebut manfaatkan sebaik mungkin agar jalan keluar dari permasalahan tersebut semakin terbuka lebar dan anda dengan leluasa dapat keluar dari sana.

2. Minta bantuan sodara atau kerabat

Jika di rasa anda tidak sanggup lagi  untuk dapat terbebas dari permasalahan, coba anda bersikap terbuka dengan sodara atau kerabat.
Siapa tau mereka dapat memberikan solusi yang tepat buat permasalahan yang sedang anda hadapi.
Jangan simpan permasalahan seorang diri jika anda merasa tidak mampu menanganinya.

Tapi ingat anda menceritakan permasalahan tersebut kepada orang untuk dapat menemukan jalan keluar dari permasalahan, bukan untuk lebay terus menerus menceritakan permasalahan anda kepada orang lain.
Karena jika anda terus menerus menceritakan permasalahan kepada orang lain, bukannya iba dengan permasalahan anda tapi mereka akan bosan dan muak dengan cerita anda.

3. Besarkan niat anda untuk dapat keluar dari problem

Sebesar apapun permasalahan yang sedang di hadapi, tapi keinginan anda untuk dapat keluar dari permasalahan harus jauh lebih bessar.
Bagaimana mungkin anda dapat keluar dari problem yang besar, sedangkan niat akan untuk terbebas dari permasalahan tersebut sangat kecil.

Jangan mau kalah dengan masalah, semakin besar massalah yang di hadapi semakin besar pula keinginan anda keluar dari sana.

4. Imani, Tuhan tidak akan menimpakan masalah melebihi batas kemampuan

Artinya tuhan hanya akan memberikan cobaan/permasalahan kepada manusia dengan memperhitungkan kemampuan manusia tersebut.
Jadi tuhan tidak akan menimpakan cobaan melebihi batas kemampuan manusia, dan itu harus menjadi kekuatan yang dahsyat buat anda.
Karena tuhan sudah meyakinkan, cobaan yang ia berikan kepada manusia tidak akan lebih besar dari kemampuan yang di miliki manusia tersebut.          

5. Ada usaha pasti ada jalan

Orang yang tidak dapat keluar dari permasalahan adalah orang yang tidak mau usaha agar terbebas dari problem.
Karena setiap usaha yang ia lakukan agar dapat keluar dari permasalahan pasti cepat atau lambat jalan keluar akan secepatnya ia dapati.

6. Buang emosi dan rasa marah

Emosi dan marah ketika menghadapi permasalahan sama sekali tidak akan memberikan manfaat apa-apa melainkan permasalahan tersebut akan semakin rumit dan menggurita.
Redam emosi dan rasa marah anda tenangkan hati setenang-tenangnya, biarkan akan sehat yang akan bekerja mencarikan solusi yang terbaik.

Jadilah orang yang lebih dewasa dalam menghadapi persoalan, jangan menyalahkan siapapun atas apa yang sedang anda hadapi saat ini.
Karena semua manusia yang hidup di muka bumi ini, tidak mungkin jalan hidupnya selalu lurus dan mulus.

Pasti dalam satu masa akan menemukan jalan kehidupan yang berliku, curam  dan tajam. sehingga jika kita tidak hati-hati dalam jalan hidup tersebut, bukan tidak mungkin kita akan jatuh terjelembab kedalam jurang yang begitu dalam dan susah menemukan jalan keluarnya.

Tetap tawakal dan pasrahkan semuanya kepada tuhan pemilik alam semesta, jangan berkecil hati saat di timpa masalah.

Karena anak sekolah pun tidak akan di anggap naik kelas oleh gurunya sebelum ia menyelesaikan ujiannya dengan baik dan benar.

      

No comments: