5 Dosa besar dan azabnya dalam islam - Kajian Islam

Friday, April 20, 2018

5 Dosa besar dan azabnya dalam islam

Hasil gambar untuk azab

Semoga kita dalam menjalani hidup ini selalu dalam naungan dan perlindungan Allah swt..
Dan semoga kita selalu taat tunduk kepada Allah swt, menjalankan dengan baik apa yang di perintahkannya kepada kita.

Agar kita terhindar dari azab pedih dari Allah swt... Di bawah ini akan kami uraikan beberapa dosa besar manusia kepada Allah swt:



1. Menyekutukan Allah swt

Barang siapa yang meninggal masih dalam kesyirikan/menyekutukan Allah niscaya sangat celakalah jiwa tersebut, karena azab pedih  neraka Zahanam sudah Allah swt persiapkan untuknya.

 Perhatikan dengan iman sodaraku firman Allah swt di bawah ini: 

وَلَقَدْ أُوحِيَ إِلَيْكَ وَإِلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكَ لَئِنْ أَشْرَكْتَ لَيَحْبَطَنَّ عَمَلُكَ وَلَتَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ
 "Dan sesungguhnya telah diwahyukan kepadamu dan kepada (nabi-nabi) yang sebelummu: "Jika kamu mempersekutukan (Tuhan), niscaya akan hapuslah amalmu dan tentulah kamu termasuk orang-orang yang merugi." (QS. Al-Zumar: 65)
Khitab ayat ini ditujukan kepada Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam, hamba pilihan Allah yang paling dicintai oleh-Nya. Jika beliau sampai berbuat syirik, maka tidak ada ampun bagi beliau. Semua amal-amal shalih yang sudah dikerjakannya akan terhapus dan harus merasakan azab dahsyat di akhirat. Lalu bagaimana kalau yang berbuat syirik adalah orang yang derajatnya di bawah beliau?
Tentang haramnya seorang musyrik masuk surga dijelaskan oleh firman Allah
إِنَّهُ مَنْ يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَقَدْ حَرَّمَ اللَّهُ عَلَيْهِ الْجَنَّةَ وَمَأْوَاهُ النَّارُ وَمَا لِلظَّالِمِينَ مِنْ أَنْصَارٍ
"Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka pasti Allah mengharamkan kepadanya surga, dan tempatnya ialah neraka, tidaklah ada bagi orang-orang lalim itu seorang penolong pun." (QS. Al-Maidah: 72)

2.  Menyakiti hati kedua orangtua

 Maka celakalah bila ada seoarang anak yang tega memusuhi, menyia-nyiakan apalagi sampai tega membuang orang tuanya, terlebih kepada ibu kandungnya.
dan sebaik-baiknya tempat tinggal untuknya kelak ( anak durhaka ), adalah neraka JAHANAM.

Allah swt berfirman:

Hasil gambar untuk qs luqman 14

Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu. ( QS LUQMAN 14 )


3. Meninggalkan shalat lima waktu dengan sengaja

Hati-hati jangan fikir meninggalkan shalat lima waktu adalah dosa yang ringan sehingga kita dengan seenaknya meninggalkan perintah Allah swt yang sangat penting ini.

Bahkan shalat adalah tiangnya agama, jadi sudah barang tentu jika seorang muslim tidak pernah shalat maka runtuhlah semua bangunan islam dalam dirinya.

Para Ulama Sepakat Bahwa Meninggalkan Shalat Termasuk Dosa Besar yang Lebih Besar dari Dosa Besar Lainnya


Ibnu Qayyim Al Jauziyah –rahimahullah- mengatakan, ”Kaum muslimin bersepakat bahwa meninggalkan shalat lima waktu dengan sengaja adalah dosa besar yang paling besar dan dosanya lebih besar dari dosa membunuh, merampas harta orang lain, berzina, mencuri, dan minum minuman keras. Orang yang meninggalkannya akan mendapat hukuman dan kemurkaan Allah serta mendapatkan kehinaan di dunia dan akhirat.” (Ash Sholah, hal. 7)


4. Berzinah


Wahai sodaraku jauhi sejauh-jauhnya perbuatan zinah yang sangat di murkai Allah swt.
Kita di beri akal sehat oleh Allah swt agar berfikir dan tidak berprilaku seperti hewan...
Bahkan di dunia saja dalam islam, hukuman bagi penzina yang sudah menikah adalah dengan cara di cambuk atau di ranjam sampai meninggal.

Tapi sayang sungguh miris.. di zaman saat ini perbuatan zina sudah menjadi suatu hal yang lumrah dan biasa.
Bahkan pelakunya bukan hanya orang dewasa, melainkan para remaja pun saat ini sudah sangat bebas melakukan perbuatan zina.

Padahal Allah swt sudah menyiapkan  hukuman yang sangat berat kepada orang yang sering berbuat zina..

 Dan di bawah ini azab pedih dari Allah swt untuk penzina:   

Dalam perjalanan isra’ tersebut Rasululah SAW melihat juga kumpulan manusia yang terdiri dari laki-laki dan perempuan yang sangat hebat penyiksaannya dan azab yang ditimpakan kepada mereka.
Mereka digantung dadanya dengan rantai api neraka. Sedang faraj mereka keluar nanah dan danur yang sangat busuk sehingga teramat busuknya. Ahli neraka sendiri meminta agar mereka-mereka ini dijauhkan dari mereka. Inilah manusia-manusia yang melakukan zina ketika di dunia.

Rasululllah telah mengingatkan kita mengenai zina ini. Rasulullah Saw bersabda, “Jauhilah oleh kamu akan zina karena kecelakaannya ada empat macam : hilang kebagusan pada mukanya, disempitkan rezekinya dan kemurkaan Allah SWT atasnya dan menyebabkan kekalnya di neraka,” (HR. Thabrani).

5. Menghardik Anak Yatim Piatu

Sodaraku ... sayangi dengan tulus anak-anak yatim, jangan sekali-kali menyakiti hati mereka karena itu akan mendatangkan azab pedih dari Allah swt.

Menghardik anak yatim piatu adalah dosa besar.. Perhatikan dengan iman sodaraku surat AN- Nisa ayat 10:

  إِنَّ الَّذِينَ يَأْكُلُونَ أَمْوَالَ الْيَتَامَىٰ ظُلْمًا إِنَّمَا يَأْكُلُونَ فِي بُطُونِهِمْ نَارًا ۖ وَسَيَصْلَوْنَ سَعِيرًا

Sesungguhnya orang-orang yang memakan harta anak yatim secara zalim, sebenarnya mereka itu menelan api sepenuh perutnya dan mereka akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala (neraka).
Jadi kita sudah bisa menyimpulkan betapa kerasnya siksaan Allah swt kepada orang-orang yang tega menyakiti anak yatim piatu. 

Sodaraku mari sama-sama kitu tingkatkan iman dan taqwa kepada Allah swt, dunia ini hanya tempat singgah kita sementara.
Cepat atau lambat kita akan di panggil dan kembali kepadanya untuk mempertanggung jawabkan atas apa yang sudah kita perbuat selama hidup di dunia.

 Harta,tahta,jabatan,istri/suami,anak dan bahkan usia yang Allah swt titikan kepada kita semuanya akan di pertanyakan oleh Allah swt.

Selagi masih ada umur dan badan kita masih sehat ...  mari lebih giatkan lagi mengumpulkan amal ibadah sebanyak-banyaknya.

-Yang tadinya malas-malasan shalat... Segera saat ini lebih giatin lagi shalatnya 
-Yang masih malas baca Al quran...  Segera perbanyak baca Al quran
-Yang masih malas berdzikir.... Segera perbanyak dzikir dimanapun kita berada
-Yang masih pelit infaq dan sedekah ..... Segera keluarkan harta anda untuk berinfaq dan sedekah
-Yang masih malas shalat tahajjud... Segera rutinkan shalat tahajjud



Jika semuanya sudah kita jalankan dengan baik, insyaAllah hidup kita akan tenang dan tentram dan di akhirat nanti semua amal tersebut akan menjadi pelindung dari panasnya api neraka.

No comments: