Tolak Miskin dengan sedekah - Kajian Islam

Tuesday, April 17, 2018

Tolak Miskin dengan sedekah


Begitu dahsyatnya manfaat dari sedekah sampai-sampai kemiskinan pun enggan menghampirinya.
Subhanallah walhamdulillah wala ilaha illallah wallahu akbar… maha besar allah dengan segala kemurahan dan keagungannya.


Allah swt menjamin hidup orang-orang yang senang bersedekah, Allah swt dekat dengannya dan allah swt sangat cinta dengan seorang hamba yang dermawan tersebut.

Maka dari itu orang-orang yang gemar bersedekah allah swt lindungi dari segala kekurangan makanan dan pakaian.
 Pasti allah swt akan berkahi hartanya dengan berlipat ganda sehingga orang yang rajin bersedekah tersebut tidak merasa berkurang hartanya karena sedekah, melainkan bertambah banyak hartanya karena sedekah.

Sodaraku… banyak sekali di dunia ini orang yang selalu merasa miskin hidupnya  merasa serba kekurangan  banyak mengeluh seakan-akan hidup di dunia ini dialah yang paling susah.

 Sehingga berfikiran ahh… buat apa sedekah kita saja sedang susah bagaimana kita bisa bantu orang lain..

Justru itu allah swt memberikan penawarnya  agar terlepas dari kemiskinan lewat sedekah…


Jadi kenapa harus menghindari sedekah kalau itu bisa melelpaskan diri  dari jeratan kemiskinan.

Lihat dan baca dengan iman wahai sodaraku sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:

لاَ تُوكِي فَيُوكى عَلَيْكِ

Janganlah engkau menyimpan harta (tanpa mensedekahkannya). Jika tidak, maka Allah akan menahan rizki untukmu.”


Dalam riwayat lain disebutkan,
أنفقي أَوِ انْفَحِي ، أَوْ انْضَحِي ، وَلاَ تُحصي فَيُحْصِي اللهُ عَلَيْكِ ، وَلاَ تُوعي فَيُوعي اللهُ عَلَيْكِ

Infaqkanlah hartamu. Janganlah engkau menghitung-hitungnya (menyimpan tanpa mau mensedekahkan). Jika tidak, maka Allah akan menghilangkan barokah rizki tersebut. Janganlah menghalangi anugerah Allah untukmu. Jika tidak, maka Allah akan menahan anugerah dan kemurahan untukmu.”
Hadits ini dibawakan oleh Yahya bin Syarf An Nawawi dalam Riyadhus Shalihin pada Bab “Kemuliaan, berderma dan berinfaq”, hadits no. 559
Betapa allah swt membenci orang-orang kikir yang tidak mau bersedekah, dan allah swt mengancam akan menahan rezeki orang yang tidak mau berinfaq dan sedekah.

Sungguh ancaman allah tidak akan main-main melainkan itu adalah kebenaran bagi orang-orang yang kikir.

Sudah jelas hadist di atas sebagai bentuk teguran untuk kita semua agar senantiasa membersihkan harta kita dengan cara berinfaq dan sedekah, maka kalau tidak allah swt pasti akan menghancurkan hartanya sehancur-hancurnya sehingga ia akan merasa tersakiti oleh hartanya sendiri di dunia dan juga di akhirat kelak.

Jadi bagaimana mungkin bisa keluar dari kemiskinan, sedangkan allah swt menahan rezekinya…
Akhirnya sekeras apapun dia berjuang dalam bekerja tidak akan mungkin bisa merubah keadaanya kearah yang lebih baik dari segi ekonomi, melainkan akan terus mengalami kesulitan hidup yang berkepanjangan.

Maka  dari itu jangan pernah pelit dengan allah swt jika tidak ingin di tahan rezekinya..
Selalu berbuat baik kepada sesama tanpa memandang suku,ras,budaya,dan agamanya, tolong dan berikan bantuan kepada orang-orang yang sedang membutuhkan dengan ikhlas tanpa mengharapkan balasan apapun darinya.
Biarlah itu menjadi urusan allah swt, dia maha pemurah tidak mungkin membiarkan orang yang rajin menolong dan bersedekah hidup dalam kesusahan.

Pasti allah swt akan menjamin hidupnya dengan berjuta kebahagiaan yang berlipat ganda.
Sungguh luar biasa balasan allah swt untuk orang-orang yang senang bersedekah.

 yang profesinya sebagai petani, allah swt akan suburkan ladang dan sawahnya. ulat dan hama-hama akan allah larang memakan tanaman si petani yang senang bersedekah, sehingga hasil panennya akan terus melimpah.

Pedagang: Allah swt mudahkan dan lariskan barang dagangannya, sehingga apapun yang ia jual  selalu habis terjual.

Apapun bentuk usahanya  pasti akan allah swt rhidoi dan pastinya anda akan di jauhkan dari segala macam bentuk kesusahan.
Yang ada hanyalah senang dan senang hatinya, jarang mendapatkan kesulitan dan juga kesedihan selama di dunia.

Subhanallah.. di dunia saja allah sudah berikan kebahagiaan kepadanya dengan berlipat ganda, apa lagi nanti di akhirat sungguh tidak terbayangkan kejutan apa yang allah swt persiapkan untuk orang yang senang bersedekah. 
  
Mudah-mudahan kita tidak  tergolong orang-orang yang pelit bersedekah, sehingga allah swt senantiasa selalu melimpahkan rahmat dan keberkahan untuk kita semua  amin amin ya rabal alamin.

Berapapun harta yang anda sedekahkan tentu akan sangat bermanfaat  bagi orang-orang yang sedang membutuhkan.
Maka dari itu tolonglah hamba-hamba allah yang sedang dalam kesulitan, ulurkanlah tangan anda, buat mereka tersenyum sehingga mereka akan terlepas dan lupa akan bebannya.



Jangan berkecil hati dulu ketika kita sering menolong dan membantu orang lain yang sedang kesusahan, malah allah swt membalasnya dengan cobaan dan ujian kepada kita dengan ujian yang tidak menyenangkan.

Bersabarlah sodaraku…. Sungguh allah sedang menguji orang-orang yang sholeh sehingga akan nampak terlihat seberapa ikhlasnya ia dalam bersedekah.

Dan tidak mungkin allah swt memberikan beban kepada hambanya yang sholeh melebihi batas kemampuannya.

Allah swt pasti sedang mempersiapkan hadiah/kejutan kebahagiaan sesuai kebutuhannya di lain waktu untuk orang-orang yang bersabar.

Jangan dulu berburuk sangka kepada allah swt, yakinlah allah swt akan menepati janjinya. Karena allah swt tidak akan pernah ingkar dengan janjinya, janji allah swt adalah pasti, kita hanya di suruh nunggu sebentar sampai waktu yang tepat sesuai yang allah swt tentukan.

Dan inilah 6 janji Allah swt kepada orang yang senang bersedekah:

1- Penghapus dosa orang bersedekah
Allah swt menjanjikan akan menghapaus semua dosa orang-orang yang senang bersedekah.



Rasulullah saw bersabda:
“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi)
  
2- Mendapat naungan di sisi allah swt di hari kiamat

Rasulullah saw menceritakan ada 7 golongan dari umatnya kelak yang akan mendapat naungan dari allah swt pada saat manusia di kumpulkan di padang mahsyar.
Mereka tidak akan merasa kepanasan oleh terik matahari yang begitu garang seperti yang di rasakan manusia-manusia lain.

Salah satu dari tujuh golongan manusia tersebut salah satunya adalah orang yang selama hidupnya senang bersedekah.

3- Hartanya tidak akan berkurang, melainkan akan terus bertambah

Sekali lagi inilah janji allah swt yang harus kita imani ,karena janji allah pasti akan di tepati.
Subhanallah… harta orang yang senang bersedekah sedikitpun tidak akan pernah berkurang, melainkan akan terus allah swt tambahkan kepadanya.

Rosulullah saw bersabda:
“Harta tidak akan berkurang dengan bersedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kebaikkan baginya” (HR. Muslim)


4- Akan terbebas dari siksa kubur

Allah swt akan hindarkan kepadanya siksa kubur yang begitu menyeramkan, dan di gantinya dengan kesenangan yang tiada tara sambil menunggu datangnya hari kiamat.
Rosulullah saw bersabda:
Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur.” [HR. Ath-Thabrani]

5- Allah swt menyiapkan pintu khusus buat orang yang sedekah

Subhanallah begitu mulianya hamba-hamba yang senang bersedekah, sehingga allah swt menyiapkan secara khusus pintu syurga kepada mereka yang senang bersedekah.
Betapa bahagianya nanti hamba-hamba allah yang senang bersedekah akan di panggil dan di suruh masuk lewat pintu sedekah.

Rosulullah saw bersabda:

Orang memberikan menyumbangkan dua harta di jalan Allah, maka dia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu syurga: Wahai hamba Allah, ke marilah untuk menuju kenikmatan. Jika dia berasal dari golongan orang-orang yang suka mendirikan solat, dia akan dipanggil dari pintu solat, yang berasal dari kalangan mujahid, maka akan dipanggil dari pintu jihad, jika dia berasal dari golongan yang gemar bersedekah akan dipanggil dari pintu sedekah.” [HR. Bukhari dan Muslim]


6- Menjauhkan diri dari panasnya api neraka

Sungguh beruntung orang yang senang sedekah, karena dia akan jauh dari siksa api neraka yang bahan bakarnya dari batu dan tubuh manusia.
Dan inilah janji allah swt yang ke 6, tidak akan bersentuhan seorang hambanya yang gemar bersedekah dengan api neraka.
Melainkan ia akan menjauhkan diri dari siksaan api neraka.

Rosulullah saw bersabda:
Jauhilah api neraka, walau hanya dengan bersedekah sebiji kurma. Jika kamu tidak punya, maka bisa dengan kalimah thayyibah” [HR. Bukhari dan Muslim]

Sangat luar biasa sekali manfaat dari sedekah ini, walaupun sedekah yang kita berikan kepada orang yang membutuhkan hanya sebesar biji kurma.
Namun ia akan memberikan andil yang luar biasa dalam menjauhkan kita dari panasnya api neraka.
Jadi semakin besar kita bersedekah maka akan semakin jauh tubuh kita dengan api neraka, dan tentunya semakin besar kita bersedekah maka akan semakin besar pula peluang kita dapat memasuki syurga lewat pintu sedekah.
 

Kebahagiaan,kesenangan,kemewahan,kegembiraan hasil dari kita sedekah pasti akan allah swt berikan bagi hambanya yang memang tulus dalam bersedekah.

                                        
Tidak akan ada kemiskinan dan kesusahan lebih dalam bagi orang-orang yang senang bersedekah, karena allah swt menjamin kebahagiannya  dan allah swt tidak akan rela melihat hambanya yang berhati mulia hidup dalam kesedihan.
                                
Makanya orang yang gemar bersedekah pasti hidupnya akan bahagia terus, mukanya cerah berseri-seri  seakan ia telah menikmati indahnya syurga yang penuh dengan rahmat dan kemewahan di dalamnya.


No comments: